Skip to main content

Featured

Struktur Tenda Membrane kian diminati di Indonesia

Assalamualaikum, pembaca...dari hasil pengamatan kami akhir-akhir ini perkembangan struktur tenda membrane di negara kita Indonesia beberapa tahun terakhir ini sungguh mengagumkan. Betapa tidak ketika kami melakukan perjalanan ke beberapa peloksok negeri tercinta ini sekalipun tenda membrane dengan gaya dan style nya yang mempunyai ciri khas tersendiri telah terpasang di mana-mana dan di berbagai tempat fasilitas publik.

Kita mulai dari ujung barat Indonesia, ya Provinsi Nangroe Aceh Darusallam. Kita dapat menyaksikan kemegahan kontruksi struktur tenda membrane dengan megah berdiri di depan Masjid Raya Baitturahman yang menjadi simbol sebagai betapa religiusnya masyarakat Aceh. Payung-payung raksasa yang memiliki penutup atap dari bahan membrane sehingga sering disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan payung membrane berderet dengan rapi di halaman Masjid Baitturahman. betapa megah dan anggun bentuk dan ukuran dari payung membrane tersebut. Payung membrane yang megah nan anggun…

Tempat Camping Keluarga ya Rancaupas

Terletak sekitar lima ratus meter masuk ke arah dalam dari jalan utama Rancabali - Ciwidey, tempat ini memiliki hawa sejuk, pemandangan memanjakan mata, dan senantiasa memberikan kesejukan bagi siapa saja yang sengaja datang untuk menikmati suasana menenangkan hati tersebut.

Ya, tempat ini berada di Areal Taman Nasional Gunung Patuha, dan bernama Bumi Perkemahan Ranca Upas. Saat penulis mengenyam bangku pendidikan sekolah menengah, tempat ini menjadi favorit bagi para petualang penikmat suasana alam liar, yang masih asri dan membuat diri terasa dekat dengan sang khalik, saat mensyukuri indah alam ciptaannya. kini setelah lima belas tahun berlalu, Bumi Perkemahan Ranca Upas terasa jauh menglami perubahan perbaikan. hal ini tampak dari Gerbang Masuk Area kini dibangun Pintu Masuk dari beton permanen dengan tulisan jelas tertera Kampung Cai Ranca Upas. jalan  masuk ke area perkemahan yang dahulu terkesan tidak terawat kini cukup nyaman dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, bahkan mobil bus berukuran besar sekalipun.

Gerbang Kampung Cai Ranca Upas
Penampakan dari Gerbang Bumi Perkemahan Ranca Upas
Masuk ke areal perkemahan kita akan dikenakan biaya masuk parkir dan biaya perkemahan untuk satu malam dihitung per kepala, setelah melewati pos tiket kita memasuki area perkemahan dikiri kanan jalan. bagi yang membawa kendaraan roda empat anda akan dipandu terus ke bagian ujung Bumi perkemahan yang disediakan khusus untuk tempat parkir kendaraan roda empat. disini terparkir beratus-ratus kendaraan roda empat dari pengunjung yang sengaja datang untuk berkemah atau hanya ingin sekedar berjalan-jalan menikmati sejuknya udara disekitar bumi perkemahan.

Area Parkir Ranca Upas
Area Parkir Bumi Perkemahan Ranca Upas

Untuk Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola cukup nyaman untuk digunakan bagi para penggemar kemping baik itu individu ataupun secara berkelompok, atau keluarga. Fasilitas yang ada di Bumi Perkemahan Ranca Upas seperti Areal Perkemahan yang nyaman dengan alas rumput yang sangat hijau, Faslitas Toilet yang dipisah antara laki-laki dan perempuan, Mushola, Area Komersil yang berupa deretan kios pedagang dari masyarakat lokal penyedia semua perlatan kemah keluarga anda seperti kayu bakar, bahan makanan, minyak, elpiji atau sewaan tenda dan sleeping bag bagi anda yang tidak ingin repot membawa perlatan dari rumah.

Area untuk Mendirikan tenda perkemahan
Pengalaman penulis setelah beberapa kali berkemah bersama keluarga di sini, sangat berkesan, karena suasananya yang sejuk menjurus ke dingin jika kondisi hujan dan malam hari. jika kita berkemah saat musim kemarau, dan pengunjung tidak terlalu banyak, maka saat malam hari kita akan menyaksikan langit yang penuh bintang. jadi bagi anda yang hobi photografi sebaiknya persiapkan perlatan photography anda untuk mengabadikan momen malam di bumi perkemahan Ranca Upas. namun dari sekian fasilitas yang ada ada fasilitas yang bisa dijadikan wahana edukasi untuk pendidikan yaitu Penangkaran Rusa yang berada di sekitar bumi perkemahan Ranca Upas, disini berpuluh puluh rusa jinak bisa kita dekati dengan membawa pakan yang disediakan oleh pengelola, setelah dekat bisa diajak untuk berphoto atau bercengkrama dengan si kecil. namun perlu diwaspadai rusa yang terlihat jinak ini akan berubah menjadi ganas dan liar jika merasa terganggu.

Penangkaran Rusa ranca Upas
Namun penulis rasa ada yang kurang dari fasilitas bumi perkemahan ranca upas yang telah ada. yaitu belum tersedianya faslitas  Glamping yang sekarang sedang tren. penulis berharap ke depannya di Bumi perkemahan Ranca Upas ini akan tersedia fasilitas tenda-tenda glamping yang mungkin akan lebih menambah popularitas dari bumi perkemahan Ranca Upas itu sendiri.

Penulis hampir lupa untuk mencapai Ranca Upas ini jika ada dari jakarta dapat menempuh rute yang tercepat yaitu

Jakarta - Tol Purbaleunyi - Keluar Pintu Tol Kopo Arah Soreang - Soreang - Ciwidey - Taman Nasional Gunung Patuha - Kampung Cai Ranca Upas.

Artikel persembahan :

Comments

Popular Posts